Beberapa Faedah Tentang Alas Kaki
1. Larangan Memakai Alas Kaki Hanya Sebelah Saja.
ุญูุฏููุซูููุง
ููุญูููู ุจููู ููุญููููุ ูุงู: ููุฑูุฃูุชู ุนูููู ู
ูุงููููุ ุนููู ุฃูุจูู
ุงูุฒููููุงุฏูุ ุนููู ุงููุฃูุนูุฑูุฌูุ ุนููู ุฃูุจูู ููุฑูููุฑูุฉู: ุฃูููู ุฑูุณูููู
ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุงูู: " ููุง ููู
ูุดู ุฃูุญูุฏูููู
ู
ููู ููุนููู ููุงุญูุฏูุฉู ููููููุนูููููู
ูุง ุฌูู
ููุนูุง ุฃููู ููููุฎูููุนูููู
ูุง
ุฌูู
ููุนูุง "
Telah
menceritakan kepada kami Yahyaa bin Yahyaa, ia berkata : Aku membacakan
kepada Maalik, dari Abuz-Zinaad, dari Al-Aโraj, dari Abu Hurairah :
Bahwasannya Rasulullah shallallaahu โalaihi wa sallam bersabda : โJanganlah salah seorang di antara kalian berjalan dengan satu sandal. Hendaklah ia memakainya semua atau melepaskannya semuaโ [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2097].
An-Nawawiy rahimahullah berkata :
ุฃู
ุงูุนูู
ุงุก ูุงููุง : ูุณุจุจู ุฃู ุฐูู ุชุดููู , ูู
ูุซูููุฉู , ูู
ุฎุงูู ููููุงุฑ ุ ููุฃู
ุงูู
ูุชูุนูุฉ ุชุตูุฑ ุฃุฑูุน ู
ู ุงูุฃุฎุฑู ุ ููุนุณุฑ ู
ุดูู ุ ูุฑุจู
ุง ูุงูุช ุณุจุจูุง ููุนุซุงุฑ
โPara ulama berkata : Sebab pelarangannya adalah bahwa hal itu dapat memperburuk keadaan, menimbulkan penyakit (mutslah),
dan mengurangi kewibawaan. Sebab, dengan memakai sandal seperti itu
tubuh akan condong sebelah hingga menyulitkan saat ia berjalan. Bahkan
bisa menyebabkan terjatuhโ [Syarh Shahiih Muslim, 14/301].
2. Bersemangat dalam Ketaatan pada Allah Meskipun Hanya Satu Langkah.
Asy-Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah pernah
ditanya (terkait hadits di no. 1), beliau menjawab : โDhahir pelarangan
menunjukkan pengharamanโ. Penanya berkata : โKadang-kadang satu sandal
ada di tempat lain dan yang satu ada di dekatnya (bolehkah memakai
sandal sebelahnya dulu, untuk kemudian berjalan menuju sandal yang lain)
?. Beliau menjawab : โJangan engkau memakainya kecuali secara
bersamaanโ. Penanya kembali berkata : โMeskipun hanya satu langkah saja
?โ. Beliau rahimahullah berkata :
ุงุญุฑุต ุนูู ุฃู ูุง ุชุนุตู ุงููู ุชุนุงูู ููู ุจุฎุทูุฉ ูุงุญุฏุฉ
โBersemangatlah untuk tidak bermaksiat kepada Allah taโala meskipun hanya satu langkahโ [sumber : sini].
Perkataan singkat yang patut ditulis dengan tinta emas.
3. Memakai Sandal Sambil Berdiri.
ุญูุฏููุซูููุง
ู
ูุญูู
ููุฏู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงูุฑููุญููู
ู ุฃูุจูู ููุญููููุ ุฃูุฎูุจูุฑูููุง ุฃูุจูู
ุฃูุญูู
ูุฏู ุงูุฒููุจูููุฑููููุ ุญูุฏููุซูููุง ุฅูุจูุฑูุงูููู
ู ุจููู ุทูููู
ูุงููุ ุนููู
ุฃูุจูู ุงูุฒููุจูููุฑูุ ุนููู ุฌูุงุจูุฑูุ ููุงูู: " ููููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู
ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ุฃููู ููููุชูุนููู ุงูุฑููุฌููู ููุงุฆูู
ูุง "
Telah
menceritakan kepada kami Muhammad bin โAbdirrahiim Abu Yahyaa : Telah
mengkhabarkan kepada kami Ahmad Az-Zubairiy : Telah menceritakan kepada
kami Ibraahiim bin Thahmaan, dari Abuz-Zubair, dari Jaabir, ia berkata :
โRasulullah shallallaahu โalaihi wa sallam melarang seorang
laki-laki memakai sandal sambil berdiriโ [Diriwayatkan oleh Abu Daawud
no. 4135; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abi Daawud, 2/528].
Ibnu โUtsaimiin rahimahullah berkata :
ุฃู
ุง
ุญุฏูุซ ุฌุงุจุฑ ุฑุถู ุงููู ุนูู ุงูุฐู ุฑูุงู ุฃุจู ุฏุงูุฏ ุฃู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ููู ุฃู ููุชุนู ุงูุฑุฌู ูุงุฆู
ุง ููุฐุง ูู ูุนู ูุญุชุงุฌ ุฅูู ู
ุนุงูุฌุฉ ูู ุฅุฏุฎุงูู ูู ุงูุฑุฌู
ูุฃู ุงูุฅูุณุงู ูู ุงูุชุนู ูุงุฆู
ุง ูุงููุนู ูุญุชุงุฌ ุฅูู ู
ุนุงูุฌุฉ ูุฑุจู
ุง ูุณูุท ุฅุฐุง ุฑูุน
ุฑุฌูู ููุตูุญ ุงููุนู ุฃู
ุง ุงููุนุงู ุงูู
ุนุฑููุฉ ุงูุขู ููุง ุจุฃุณ ุฃู ููุชุนู ุงูุฅูุณุงู ููู
ูุงุฆู
ููุง ูุฏุฎู ุฐูู ูู ุงูููู ูุฃู ูุนุงููุง ุงูู
ูุฌูุฏุฉ ูุณูู ุฎูุนูุง ููุจุณูุง ูุงููู
ุงูู
ููู
โAdapun hadits Jaabir radliyallaahu โanhu yang diriwayatkan oleh Abu Daawud, bahwasannya Nabi shallallaahu โalaihi wa sallam melarang
seorang laki-laki memakai sandal sambil berdiri, maka ini berlaku pada
sandal yang membutuhkan bantuan tangan untuk memasukkannya ke kaki. Hal
itu dikarenakan seseorang seandainya memakai sandal sambil berdiri dan
sandal tersebut membutuhkan bantuan tangan untuk memasukkannya, maka
bisa terjatuh ketika ia mengangkat kakinya untuk membetulkan sandalnya.
Adapun sandal yang seperti model-model sekarang (misal : sandal jepit โ Abul-Jauzaaโ),
maka tidak mengapa seseorang memakainya sambil berdiri. Hal itu tidak
masuk dalam larangan, karena sandal-sandal kita tersebut mudah untuk
dilepas dan dipakai. Wallaahul-muwaffiqโ [Syarh Riyaadlush-Shaalihiin, hadits no. 1651].
4. Cara Berpartisipasi Menyelisihi Orang Yahudi : Shalat dengan Memakai Sandal atau Sepatu.
ุญูุฏููุซูููุง
ููุชูููุจูุฉู ุจููู ุณูุนููุฏูุ ุญูุฏููุซูููุง ู
ูุฑูููุงูู ุจููู ู
ูุนูุงููููุฉู
ุงููููุฒูุงุฑููููุ ุนููู ููููุงูู ุจููู ู
ูููู
ูููู ุงูุฑููู
ููููููุ ุนููู ููุนูููู
ุจููู ุดูุฏููุงุฏู ุจููู ุฃูููุณูุ ุนููู ุฃูุจููููุ ููุงูู: ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู
ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู: " ุฎูุงูููููุง ุงูููููููุฏู ููุฅููููููู
ู ููุง
ููุตููููููู ููู ููุนูุงููููู
ู ููููุง ุฎูููุงููููู
ู "
Telah
menceritakan kepada kami Qutaibah bin Saโiid : Telah menceritakan
kepada kami Marwaan bin Muโaawiyyah Al-Fazaariy, dari Hilaal bin maimuun
Ar-Ramliy, dari Yaโlaa bin Sayddaad bin Aus, dari ayahnya, ia berkata :
Telah bersabda Rasulullah shallallaahu โalaihi wa sallam : โSelisilah oleh kalian orang-orang Yahudi, karena mereka tidak shalat dengan mengenakan sandal-sandal dan khuff-khuff merekaโ [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 652; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abi Daawud 1/193].
5. Mencatat di atas Sandal.
ุฃูุฎูุจูุฑูููุง
ู
ูุงูููู ุจููู ุฅูุณูู
ูุงุนูููุ ุญูุฏููุซูููุง ู
ูููุฏููู ุจููู ุนูููููู
ุงููุนูููุฒููููุ ุญูุฏููุซูููู ุฌูุนูููุฑู ุจููู ุฃูุจูู ุงููู
ูุบููุฑูุฉูุ ุนููู ุณูุนููุฏู
ุจููู ุฌูุจูููุฑูุ ููุงูู: " ููููุชู ุฃูุฌูููุณู ุฅูููู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ููุฃูููุชูุจู
ููู ุงูุตููุญููููุฉู ุญูุชููู ุชูู
ูุชูููุฆูุ ุซูู
ูู ุฃูููููุจู ููุนูููููู ููุฃูููุชูุจู
ููู ุธููููุฑูููู
ูุง "
Telah
mengkhabarkan kepada kami Maalik bin Ismaaโiil : Telah menceritakan
kepada kami Mandal bin โAliy Al-โAnaziy : Telah menceritakan kepadaku
Jaโfar bin Abil-Mughiirah, dari Saโiid bin Jubair, ia berkata : โAku
pernah duduk di hadapan Ibnu โAbbaas (untuk mendengarkan ilmu yang
disampaikannya). Kemudian aku menulis di atas lembaran kertas hingga
penuh. Kemudian aku balikkan kedua sandalku, lalu aku menulis di bagian
atasnyaโ [Diriwayatkan oleh Ad-Daarimiy no. 203].
Sanadnya lemah dikarenakan Mandal bin โAliy Al-โAnaziy, akan tetapi ia dikuatkan oleh diwayat di bawah :
ุฃูุฎูุจูุฑูููุง
ุฅูุณูู
ูุงุนููู ุจููู ุฃูุจูุงููุ ุนููู ููุนููููุจู ุงููููู
ูููููุ ุนููู ุฌูุนูููุฑู
ุจููู ุฃูุจูู ุงููู
ูุบููุฑูุฉูุ ุนููู ุณูุนููุฏู ุจููู ุฌูุจูููุฑูุ ููุงูู: " ููููุชู
ุฃูููุชูุจู ุนูููุฏู ุงุจููู ุนูุจููุงุณู ุฑูุถููู ุงูููู ุนููููู ููู ุตูุญููููุฉูุ
ููุฃูููุชูุจู ููู ููุนูููููู "
Telah
mengkhabarkan kepada kami Ismaaโiil bin Abaan, dari Yaโquub Al-Qummiy,
dari Jaโfar bin Abil-Mughiirah, dari Saโiid bin Jubair, ia berkata :
โAku pernah menulis di sisi Ibnu โAbbaas radliyallaahu โanhu di atas lembaran kertas, dan aku juga menulis di atas sandalkuโ [Diriwayatkan oleh Ad-Daarimiy no. 202].
6. Ciri-Ciri Orang yang Diperangi Kaum Muslimin di Akhir Jaman adalah Memakai Sandal Bulu.
ุญูุฏููุซูููุง
ุฃูุจูู ุงููููุนูู
ูุงููุ ุญูุฏููุซูููุง ุฌูุฑููุฑู ุจููู ุญูุงุฒูู
ูุ ููุงูู: ุณูู
ูุนูุชู
ุงููุญูุณูููุ ููููููู: ุญูุฏููุซูููุง ุนูู
ูุฑูู ุจููู ุชูุบูููุจูุ ููุงูู: ููุงูู
ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู: " ุฅูููู ู
ููู ุฃูุดูุฑูุงุทู
ุงูุณููุงุนูุฉู ุฃููู ุชูููุงุชููููุง ููููู
ูุง ููููุชูุนูููููู ููุนูุงูู ุงูุดููุนูุฑูุ
ููุฅูููู ู
ููู ุฃูุดูุฑูุงุทู ุงูุณููุงุนูุฉู ุฃููู ุชูููุงุชููููุง ููููู
ูุง ุนูุฑูุงุถู
ุงููููุฌููููุ ููุฃูููู ููุฌููููููู
ู ุงููู
ูุฌูุงููู ุงููู
ูุทูุฑูููุฉู "
Telah
menceritakan kepada kami Abun-Nuโmaan : Telah menceritakan kepada kami
Jariir bin Haazim, ia berkata : Aku mendengar Al-Hasan berkata : Telah
menceritakan kepada kami โAmru bin Tsaโlab, ia berkata : Telah bersabda
Nabi shallallaahu โalaihi wa sallam : โSesungguhnya termasuk
tanda-tanda hari kiamat adalah kalian memerangi kaum yang mengenakan
sandal yang terbuat dari bulu. Dan sesungguhnya termasuk di antara
tanda-tanda hari kiamat adalah kalian memerangi satu kaum yang berwajah
lebar, yang seakan-akan wajah mereka seperti perisai yang dilapisi kulitโ [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2927].
7. Sesekali โNyekerโ.
ุญูุฏููุซูููุง
ุงููุญูุณููู ุจููู ุนููููููุ ุญูุฏููุซูููุง ููุฒููุฏู ุจููู ููุงุฑููููุ ุฃูุฎูุจูุฑูููุง
ุงููุฌูุฑูููุฑููููุ ุนููู ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู ุจูุฑูููุฏูุฉู ุฃูููู ุฑูุฌูููุง ู
ููู
ุฃูุตูุญูุงุจู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ุฑูุญููู ุฅูููู
ููุถูุงููุฉู ุจููู ุนูุจูููุฏู ูููููู ุจูู
ูุตูุฑูุ ููููุฏูู
ู ุนููููููู ููููุงูู:
ุฃูู
ูุง ุฅููููู ููู
ู ุขุชููู ุฒูุงุฆูุฑูุง ูููููููููู ุณูู
ูุนูุชู ุฃูููุง ููุฃูููุชู
ุญูุฏููุซูุง ู
ููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ุฑูุฌูููุชู
ุฃููู ููููููู ุนูููุฏููู ู
ููููู ุนูููู
ูุ ููุงูู: ููู
ูุง ููููุ ููุงูู: ููุฐูุง
ููููุฐูุงุ ููุงูู: ููู
ูุง ููู ุฃูุฑูุงูู ุดูุนูุซูุง ููุฃูููุชู ุฃูู
ููุฑู ุงููุฃูุฑูุถูุ
ููุงูู: " ุฅูููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุงูู
ููููููุงููุง ุนููู ููุซููุฑู ู
ููู ุงููุฅูุฑูููุงููุ ููุงูู: ููู
ูุง ููู ููุง ุฃูุฑูู
ุนููููููู ุญูุฐูุงุกูุ ููุงูู: ููุงูู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู
ููุณููููู
ู ููุฃูู
ูุฑูููุง ุฃููู ููุญูุชููููู ุฃูุญูููุงููุง "
Telah
menceritakan kepada kami Al-Hasan bin โAliy : Telah menceritkan kepada
kami Yaziid bin Haaruun : Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Jurairiy,
dari โAbdullah bin Buraidah : Bahwasannya ada seorang laki-laki dari
kalangan shahabat Nabi shallallaahu โalaihi wa sallam mengunjungi
Fadlaalah bin โUbaid di Mesir. Lalu ia tiba di tempatnya dan berkata :
โSesungguhnya aku tidaklah mendatangimu untuk berziarah. Akan tetapi aku
dan kamu telah mendengar sebuah hadits dari Rasulullah shallallaahu โalaihi wa sallam
yang aku harap engkau mempunyai ilmu tentangnya (untuk menjelaskannya
padaku)โ. Fadlaalah bertanya : โApa itu ?โ. Orang itu berkata : โBegini
dan begituโ. Ia meneruskan : โMengapa aku melihatmu rambutmu kusut,
padahal engkau salah seorang pemimpin di muka bumi ?โ. Fadlaalah
menjawab : โSesungguhnya Rasulullah shallallaahu โalaihi wa sallam melarang
kita sering-sering menyisir rambutโ. Orang itu kembali bertanya :
โMengapa aku tidak melihatmu mengenakan sepatu ?โ. Fadlaalah menjawab :
โRasulullah shallallaahu โalaihi wa sallam menyuruh kita agar sesekali untuk bertelanjang kakiโ [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 4160; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abi Daawud 2/535 dan Al-Arnaโuth dalam Tahqiiq & Takhriij Sunan Abi Daawud 6/237-238].
Diriwayatkan juga oleh Ahmad, Al-Baihaqiy dalam Syuโabul-Iimaan no. 6102 & 6467 dan dalam Al-Aadaab no. , Ibnu Abi โAashim dalam Al-Aahaad wal-Matsaaniy 5/350-351 no. 2929, Abu Nuโaim dalam Maโrifatush-Shahaabah no. 7281.
Perintah dalam hadits di atas adalah โsesekaliโ (kadang-kadang), karena Rasulullah shallallaahu โalaihi wa sallam tetap memerintahkan kita untuk lebih sering memakai alas kaki :
ุญูุฏููุซูููู
ุณูููู
ูุฉู ุจููู ุดูุจููุจูุ ุญูุฏููุซูููุง ุงููุญูุณููู ุจููู ุฃูุนูููููุ ุญูุฏููุซูููุง
ู
ูุนูููููุ ุนููู ุฃูุจูู ุงูุฒููุจูููุฑูุ ุนููู ุฌูุงุจูุฑูุ ูุงู: ุณูู
ูุนูุชู ุงููููุจูููู
ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููููููู ููู ุบูุฒูููุฉู ุบูุฒูููููุงููุง:
ุงุณูุชูููุซูุฑููุง ู
ููู ุงููููุนูุงููุ ููุฅูููู ุงูุฑููุฌููู ููุง ููุฒูุงูู ุฑูุงููุจูุง
ู
ูุง ุงููุชูุนููู
Telah
menceritakan kepadaku Salamah bin Syabiib : Telah menceritakan kepada
kami Al-Hasan bin Aโyan : Telah menceritakan kepada kami Maโqil, dari
Abuz-Zubair, dari Jaabir, ia berkata : Aku mendengar Nabi shallallaahu โalaihi wa sallam bersabda dalam satu peperangan yang kami ikut di dalamnya : โPerbanyaklah memakai sandal, karena seseorang senantiasa di atas kendaraannya jika ia memakai sandalโ [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2096].
8. Ketika Tali Sandal Berbicara.
ุฃูุฎูุจูุฑูููุง
ุฃูุญูู
ูุฏู ุจููู ุฌูุนูููุฑู ุงููููุทููุนููููุ ุซูููุง ุนูุจูุฏู ุงูููููู ุจููู
ุฃูุญูู
ูุฏู ุจููู ุญูููุจูููุ ุญูุฏููุซูููู ุฃูุจููุ ุซูููุง ูููููุนูุ ุซูููุง
ุงููููุงุณูู
ู ุจููู ุงููููุถููู ุงููุญูุฑููุงูููููุ ุนููู ุฃูุจูู ููุถูุฑูุฉู
ุงููุนูุจูุฏููููุ ุนููู ุฃูุจูู ุณูุนููุฏู ุงููุฎูุฏูุฑูููู ุฑูุถููู ุงูููููู ุนููููู
ููุงูู: ููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุขููููู ููุณููููู
ู:
" ููุงูููุฐูู ููููุณูู ุจูููุฏูููุ ูุง ุชููููู
ู ุงูุณููุงุนูุฉู ุญูุชููู ุชููููููู
ู
ุงูุณููุจูุงุนู ุงูุฅูููุณูุงููุ ููุญูุชููู ุชููููููู
ู ุงูุฑููุฌููู ุนูุฐูุจูุฉู ุณูููุทูููุ
ููุดูุฑูุงูู ููุนูููููุ ููุชูุฎูุจูุฑููู ุจูู
ูุง ุฃูุญูุฏูุซู ุฃููููููู ู
ููู ุจูุนูุฏููู "
Telah
mengkhabarkan kepafa kami Ahmad bin Jaโfar Al-Qathiiโiy : Telah
menceritakan kepada kami โAbdullah bin Ahmad bin Hanbal : Telah
menceritakan kepadaku ayahku : Telah menceritakan kepada kami Wakiiโ :
Telah menceritakan kepada kami Al-Qaasim bin Al-Fadhl Al-Harraaniy, dari
Abu Nadlrah Al-โAbdiy, dari Abu saโiid Al-Khudriy radliyallaahu โanhu, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu โalaihi wa aalihi wa sallam : โDemi
Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya. Tidak akan tegak hari kiamat hingga
binatang-binatang buas berbicara kepada manusia; dan hingga ujung
cambuk dan tali sandal berbicara pada seseorang untuk mengkhabarkan
kepadanya apa yang diperbuat keluarganya setelah kepergiannyaโ [Diriwayatkan oleh Al-Haakim, 4/467-468; dan ia berkata : โShahih sesuai persyaratan Muslim, namun ia tidak mengeluarkannyaโ].
9. Para Ulama yang Berprofesi Sebagai Tukang Sepatu (Al-Hadzdzaaโ).
Banyak ulama yang punya profesi sebagai tukang sepatu hingga dijuluki Al-Hadzdzaaโ. Di antaranya adalah :
a. Khaalid bin Mihraan Al-Hadzdzaaโ. Ia seorang ulama, imam, haafidh, lagi tsiqah dari generasi taabiโโin.
Wafat tahun 141 H. Riwayatnya dipakai oleh iman enam (Al-Bukhaariy,
Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaaโiy, dan Ibnu Maajah).
b. Saโiid bin Yahyaa bin Mahdiy, Abu Sufyaan Al-Humairiy Al-Hadzdzaaโ. Ia seorang ulama yang jujur dari generasi atbaaโut-taabiโiin. Wafat tahun 202 H. Riwayatnya dipakai oleh Al-Bukhaariy dan At-Tirmidziy.
c. Katsiir bin โUbaid bin Numair, Abul-Hasan Al-Himshiy Al-Hadzdzaaโ. Ia seorang ulama yang dijadikan panutan lagi tsiqah.
Ia dipercaya menjadi imam masjid negeri Himsh di jamannya. Wafat tahun
250 H. Riwayatnya dipakai oleh Abu Daawud, An-Nasaaโiy, dan Ibnu Maajah.
d. Dan lain-lain.
Oleh
karena itu, kita tidak perlu malu atau kecil hati seandainya berprofesi
sebagai tukang sepatu/sol sepatu atau bahkan lebih โrendahโ daripada
itu. Right ?.
10. Alasan Sebagian Ulama Memasukkan Bahasan Mengusap Khuff dalam Kitab โAqidah yang Mereka Tulis.
Ada beberapa ulama yang memasukkan permasalahan disyariโatkannya mengusap dua khuff ketika bersuci dalam kitab-kitab โaqidah mereka. Misalnya : Al-Marwadziy dalam As-Sunnah, Abul-Hasan Al-Asyโariy dalam Al-Ibaanah โan Ushuulid-Diyaanah, Al-Barbahaariy dalam Syarhus-Sunnah, dan yang lainnya.
Mengapa ?. Di antara sebabnya adalah pengingkaran pensyariโatan (kebolehan) mengusap dua khuff tersebut merupakan sebagian syiโar beberapa kelompok ahlul-bidaโ.[1] Al-Marwaziy rahimahullah berkata :
ูุงู
ุฃุจู ุนุจุฏ ุงููู ููุฏ ุฃููุฑ ุทูุงุฆู ู
ู ุฃูู ุงูุฃููุงุก ูุงูุจุฏุน ู
ู ุงูุฎูุงุฑุฌ ูุงูุฑูุงูุถ
ุงูู
ุณุญ ุนูู ุงูุฎููู ูุฒุนู
ูุง ุฃู ุฐูู ุฎูุงู ููุชุงุจ ุงููู ูู
ู ุฃููุฑ ุฐูู ูุฒู
ู ุฅููุงุฑ
ุฌู
ูุน ู
ุง ุฐูุฑูุง ู
ู ุงูุณูู ูุบูุฑ ุฐูู ู
ู
ุง ูู
ูุฐูุฑ ูุฐูู ุฎุฑูุฌ ู
ู ุฌู
ุงุนุฉ ุฃูู
ุงูุฅุณูุงู
โAbu โAbdillah (Ahmad bin Hanbal) berkata : โBeberapa kelompok ahlul-ahwaaโ wal-bidaโ (pengikut hawa nafsu dan kebidโahan) dari kalangan Khawaarij dan Raafidlah telah mengingkari pensyariโatan mengusap dua khuff.
Mereka menyangka bahwa hal itu bertentangan dengan Kitabullah. Dan
siapa saja yang mengingkarinya, mengkonsekuensikan pengingkaran terhadap
seluruh apa yang kami sebutkan atau yang tidak kami sebutkan dari
sunnah (Nabi shallallaahu โalaihi wa sallam). Dan hal itu berarti keluar dari jamaโah Ahlul-Islaamโ [As-Sunnah].
Semoga yang sedikit ini ada manfaatnya.
Wallaahu aโlam.
[abul-jauzaaโ โ 23012012 โ sardonoharjo, ngaglik, sleman, yogyakarta].
[1] Faedah ini pertama kali saya dengar dari guru saya tercinta, Al-Ustaadz Yaziid Jawas hafidhahullah. Semoga Allah taโala membalas beliau dengan kebaikan.
0 comments:
Post a Comment