Jalani skenario yang telah ALLAH SWT tetapkan, jangan pernah anda sesekalipun menyesali apa yang telah ALLAH beri. Menataplah selalu pada kaca masa depan anda

Wednesday, January 25, 2012

Sumber Agama : memakai sendal satu itu tak boleh



Beberapa Faedah Tentang Alas Kaki



1.     Larangan Memakai Alas Kaki Hanya Sebelah Saja.
ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ูŠูŽุญู’ูŠูŽูŠ ุจู’ู†ู ูŠูŽุญู’ูŠูŽูŠุŒ ู‚ุงู„: ู‚ูŽุฑูŽุฃู’ุชู ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูŽุงู„ููƒูุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุงู„ุฒูู‘ู†ูŽุงุฏูุŒ ุนูŽู†ู’ ุงู„ู’ุฃูŽุนู’ุฑูŽุฌูุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู‡ูุฑูŽูŠู’ุฑูŽุฉูŽ: ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ: " ู„ูŽุง ูŠูŽู…ู’ุดู ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ูููŠ ู†ูŽุนู’ู„ู ูˆูŽุงุญูุฏูŽุฉู ู„ููŠูู†ู’ุนูู„ู’ู‡ูู…ูŽุง ุฌูŽู…ููŠุนู‹ุง ุฃูŽูˆู’ ู„ููŠูŽุฎู’ู„ูŽุนู’ู‡ูู…ูŽุง ุฌูŽู…ููŠุนู‹ุง "
Telah menceritakan kepada kami Yahyaa bin Yahyaa, ia berkata : Aku membacakan kepada Maalik, dari Abuz-Zinaad, dari Al-Aโ€™raj, dari Abu Hurairah : Bahwasannya Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda : โ€œJanganlah salah seorang di antara kalian berjalan dengan satu sandal. Hendaklah ia memakainya semua atau melepaskannya semuaโ€ [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2097].
An-Nawawiy rahimahullah berkata :
ุฃู† ุงู„ุนู„ู…ุงุก ู‚ุงู„ูˆุง : ูˆุณุจุจู‡ ุฃู† ุฐู„ูƒ ุชุดูˆูŠู‡ , ูˆู…ูุซู’ู„ูŽุฉูŒ , ูˆู…ุฎุงู„ู ู„ู„ูˆู‚ุงุฑ ุŒ ูˆู„ุฃู† ุงู„ู…ู†ุชูŽุนู„ุฉ ุชุตูŠุฑ ุฃุฑูุน ู…ู† ุงู„ุฃุฎุฑู‰ ุ› ููŠุนุณุฑ ู…ุดูŠู‡ ุŒ ูˆุฑุจู…ุง ูƒุงู†ุช ุณุจุจู‹ุง ู„ู„ุนุซุงุฑ
โ€œPara ulama berkata : Sebab pelarangannya adalah bahwa hal itu dapat memperburuk keadaan, menimbulkan penyakit (mutslah), dan mengurangi kewibawaan. Sebab, dengan memakai sandal seperti itu tubuh akan condong sebelah hingga menyulitkan saat ia berjalan. Bahkan bisa menyebabkan terjatuhโ€ [Syarh Shahiih Muslim, 14/301].
Penjelasan selanjutnya, silakan baca di sini.
2.     Bersemangat dalam Ketaatan pada Allah Meskipun Hanya Satu Langkah.
Asy-Syaikh Ibnu Baaz rahimahullah pernah ditanya (terkait hadits di no. 1), beliau menjawab : โ€œDhahir pelarangan menunjukkan pengharamanโ€. Penanya berkata : โ€œKadang-kadang satu sandal ada di tempat lain dan yang satu ada di dekatnya (bolehkah memakai sandal sebelahnya dulu, untuk kemudian berjalan menuju sandal yang lain) ?. Beliau menjawab : โ€œJangan engkau memakainya kecuali secara bersamaanโ€. Penanya kembali berkata : โ€œMeskipun hanya satu langkah saja ?โ€. Beliau rahimahullah berkata :
ุงุญุฑุต ุนู„ู‰ ุฃู† ู„ุง ุชุนุตูŠ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰ ูˆู„ูˆ ุจุฎุทูˆุฉ ูˆุงุญุฏุฉ
โ€œBersemangatlah untuk tidak bermaksiat kepada Allah taโ€™ala meskipun hanya satu langkahโ€ [sumber : sini].
Perkataan singkat yang patut ditulis dengan tinta emas.
3.     Memakai Sandal Sambil Berdiri.
ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑูŽู‘ุญููŠู…ู ุฃูŽุจููˆ ูŠูŽุญู’ูŠูŽู‰ุŒ ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ุฃูŽุจููˆ ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏูŽ ุงู„ุฒูู‘ุจูŽูŠู’ุฑููŠูู‘ุŒ ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุฅูุจู’ุฑูŽุงู‡ููŠู…ู ุจู’ู†ู ุทูŽู‡ู’ู…ูŽุงู†ูŽุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุงู„ุฒูู‘ุจูŽูŠู’ุฑูุŒ ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุงุจูุฑูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: " ู†ูŽู‡ูŽู‰ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽู†ู’ุชูŽุนูู„ูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ู ู‚ูŽุงุฆูู…ู‹ุง "
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin โ€˜Abdirrahiim Abu Yahyaa : Telah mengkhabarkan kepada kami Ahmad Az-Zubairiy : Telah menceritakan kepada kami Ibraahiim bin Thahmaan, dari Abuz-Zubair, dari Jaabir, ia berkata : โ€œRasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam melarang seorang laki-laki memakai sandal sambil berdiriโ€ [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 4135; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abi Daawud, 2/528].
Ibnu โ€˜Utsaimiin rahimahullah berkata :
ุฃู…ุง ุญุฏูŠุซ ุฌุงุจุฑ ุฑุถูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ุงู„ุฐูŠ ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ุฃู† ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ู†ู‡ู‰ ุฃู† ูŠู†ุชุนู„ ุงู„ุฑุฌู„ ู‚ุงุฆู…ุง ูู‡ุฐุง ููŠ ู†ุนู„ ูŠุญุชุงุฌ ุฅู„ู‰ ู…ุนุงู„ุฌุฉ ููŠ ุฅุฏุฎุงู„ู‡ ููŠ ุงู„ุฑุฌู„ ู„ุฃู† ุงู„ุฅู†ุณุงู† ู„ูˆ ุงู†ุชุนู„ ู‚ุงุฆู…ุง ูˆุงู„ู†ุนู„ ูŠุญุชุงุฌ ุฅู„ู‰ ู…ุนุงู„ุฌุฉ ูุฑุจู…ุง ูŠุณู‚ุท ุฅุฐุง ุฑูุน ุฑุฌู„ู‡ ู„ูŠุตู„ุญ ุงู„ู†ุนู„ ุฃู…ุง ุงู„ู†ุนุงู„ ุงู„ู…ุนุฑูˆูุฉ ุงู„ุขู† ูู„ุง ุจุฃุณ ุฃู† ูŠู†ุชุนู„ ุงู„ุฅู†ุณุงู† ูˆู‡ูˆ ู‚ุงุฆู… ูˆู„ุง ูŠุฏุฎู„ ุฐู„ูƒ ููŠ ุงู„ู†ู‡ูŠ ู„ุฃู† ู†ุนุงู„ู†ุง ุงู„ู…ูˆุฌูˆุฏุฉ ูŠุณู‡ู„ ุฎู„ุนู‡ุง ูˆู„ุจุณู‡ุง ูˆุงู„ู„ู‡ ุงู„ู…ูˆูู‚
โ€œAdapun hadits Jaabir radliyallaahu โ€˜anhu yang diriwayatkan oleh Abu Daawud, bahwasannya Nabi shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam melarang seorang laki-laki memakai sandal sambil berdiri, maka ini berlaku pada sandal yang membutuhkan bantuan tangan untuk memasukkannya ke kaki. Hal itu dikarenakan seseorang seandainya memakai sandal sambil berdiri dan sandal tersebut membutuhkan bantuan tangan untuk memasukkannya, maka bisa terjatuh ketika ia mengangkat kakinya untuk membetulkan sandalnya. Adapun sandal yang seperti model-model sekarang (misal : sandal jepit โ€“ Abul-Jauzaaโ€™), maka tidak mengapa seseorang memakainya sambil berdiri. Hal itu tidak masuk dalam larangan, karena sandal-sandal kita tersebut mudah untuk dilepas dan dipakai. Wallaahul-muwaffiqโ€ [Syarh Riyaadlush-Shaalihiin, hadits no. 1651].
4.     Cara Berpartisipasi Menyelisihi Orang Yahudi : Shalat dengan Memakai Sandal atau Sepatu.
ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ู‚ูุชูŽูŠู’ุจูŽุฉู ุจู’ู†ู ุณูŽุนููŠุฏูุŒ ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ู…ูŽุฑู’ูˆูŽุงู†ู ุจู’ู†ู ู…ูุนูŽุงูˆููŠูŽุฉูŽ ุงู„ู’ููŽุฒูŽุงุฑููŠูู‘ุŒ ุนูŽู†ู’ ู‡ูู„ูŽุงู„ู ุจู’ู†ู ู…ูŽูŠู’ู…ููˆู†ู ุงู„ุฑูŽู‘ู…ู’ู„ููŠูู‘ุŒ ุนูŽู†ู’ ูŠูŽุนู’ู„ูŽู‰ ุจู’ู†ู ุดูŽุฏูŽู‘ุงุฏู ุจู’ู†ู ุฃูŽูˆู’ุณูุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠู‡ูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ: " ุฎูŽุงู„ููููˆุง ุงู„ู’ูŠูŽู‡ููˆุฏูŽ ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ูู…ู’ ู„ูŽุง ูŠูุตูŽู„ูู‘ูˆู†ูŽ ูููŠ ู†ูุนูŽุงู„ูู‡ูู…ู’ ูˆูŽู„ูŽุง ุฎูููŽุงููู‡ูู…ู’ "
Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Saโ€™iid : Telah menceritakan kepada kami Marwaan bin Muโ€™aawiyyah Al-Fazaariy, dari Hilaal bin maimuun Ar-Ramliy, dari Yaโ€™laa bin Sayddaad bin Aus, dari ayahnya, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam : โ€œSelisilah oleh kalian orang-orang Yahudi, karena mereka tidak shalat dengan mengenakan sandal-sandal dan khuff-khuff merekaโ€ [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 652; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abi Daawud 1/193].
5.     Mencatat di atas Sandal.
ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ู…ูŽุงู„ููƒู ุจู’ู†ู ุฅูุณู’ู…ูŽุงุนููŠู„ุŒ ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ู…ูŽู†ู’ุฏูŽู„ู ุจู’ู†ู ุนูŽู„ููŠูู‘ ุงู„ู’ุนูŽู†ูŽุฒููŠูู‘ุŒ ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ููŠ ุฌูŽุนู’ููŽุฑู ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ุงู„ู’ู…ูุบููŠุฑูŽุฉูุŒ ุนูŽู†ู’ ุณูŽุนููŠุฏู ุจู’ู†ู ุฌูุจูŽูŠู’ุฑูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: " ูƒูู†ู’ุชู ุฃูŽุฌู’ู„ูุณู ุฅูู„ูŽู‰ ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจูŽู‘ุงุณู ููŽุฃูŽูƒู’ุชูุจู ูููŠ ุงู„ุตูŽู‘ุญููŠููŽุฉู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุชูŽู…ู’ุชูŽู„ูุฆูŽุŒ ุซูู…ูŽู‘ ุฃูŽู‚ู’ู„ูุจู ู†ูŽุนู’ู„ูŽูŠูŽู‘ ููŽุฃูŽูƒู’ุชูุจู ูููŠ ุธูู‡ููˆุฑูู‡ูู…ูŽุง "
Telah mengkhabarkan kepada kami Maalik bin Ismaaโ€™iil : Telah menceritakan kepada kami Mandal bin โ€˜Aliy Al-โ€˜Anaziy : Telah menceritakan kepadaku Jaโ€™far bin Abil-Mughiirah, dari Saโ€™iid bin Jubair, ia berkata : โ€œAku pernah duduk di hadapan Ibnu โ€˜Abbaas (untuk mendengarkan ilmu yang disampaikannya). Kemudian aku menulis di atas lembaran kertas hingga penuh. Kemudian aku balikkan kedua sandalku, lalu aku menulis di bagian atasnyaโ€ [Diriwayatkan oleh Ad-Daarimiy no. 203].
Sanadnya lemah dikarenakan Mandal bin โ€˜Aliy Al-โ€˜Anaziy, akan tetapi ia dikuatkan oleh diwayat di bawah :
ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ุฅูุณู’ู…ูŽุงุนููŠู„ ุจู’ู†ู ุฃูŽุจูŽุงู†ูŽุŒ ุนูŽู†ู’ ูŠูŽุนู’ู‚ููˆุจูŽ ุงู„ู’ู‚ูู…ูู‘ูŠูู‘ุŒ ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุนู’ููŽุฑู ุจู’ู†ู ุฃูŽุจููŠ ุงู„ู’ู…ูุบููŠุฑูŽุฉูุŒ ุนูŽู†ู’ ุณูŽุนููŠุฏู ุจู’ู†ู ุฌูุจูŽูŠู’ุฑูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: " ูƒูู†ู’ุชู ุฃูŽูƒู’ุชูุจู ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจูŽู‘ุงุณู ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ูููŠ ุตูŽุญููŠููŽุฉูุŒ ูˆูŽุฃูŽูƒู’ุชูุจู ูููŠ ู†ูŽุนู’ู„ูŽูŠูŽู‘ "
Telah mengkhabarkan kepada kami Ismaaโ€™iil bin Abaan, dari Yaโ€™quub Al-Qummiy, dari Jaโ€™far bin Abil-Mughiirah, dari Saโ€™iid bin Jubair, ia berkata : โ€œAku pernah menulis di sisi Ibnu โ€˜Abbaas radliyallaahu โ€˜anhu di atas lembaran kertas, dan aku juga menulis di atas sandalkuโ€ [Diriwayatkan oleh Ad-Daarimiy no. 202].
6.     Ciri-Ciri Orang yang Diperangi Kaum Muslimin di Akhir Jaman adalah Memakai Sandal Bulu.
ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุฃูŽุจููˆ ุงู„ู†ูู‘ุนู’ู…ูŽุงู†ูุŒ ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุฌูŽุฑููŠุฑู ุจู’ู†ู ุญูŽุงุฒูู…ูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ูŽุŒ ูŠูŽู‚ููˆู„ู: ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุนูŽู…ู’ุฑููˆ ุจู’ู†ู ุชูŽุบู’ู„ูุจูŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‚ูŽุงู„ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ: " ุฅูู†ูŽู‘ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุดู’ุฑูŽุงุทู ุงู„ุณูŽู‘ุงุนูŽุฉู ุฃูŽู†ู’ ุชูู‚ูŽุงุชูู„ููˆุง ู‚ูŽูˆู’ู…ู‹ุง ูŠูŽู†ู’ุชูŽุนูู„ููˆู†ูŽ ู†ูุนูŽุงู„ูŽ ุงู„ุดูŽู‘ุนูŽุฑูุŒ ูˆูŽุฅูู†ูŽู‘ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุดู’ุฑูŽุงุทู ุงู„ุณูŽู‘ุงุนูŽุฉู ุฃูŽู†ู’ ุชูู‚ูŽุงุชูู„ููˆุง ู‚ูŽูˆู’ู…ู‹ุง ุนูุฑูŽุงุถูŽ ุงู„ู’ูˆูุฌููˆู‡ูุŒ ูƒูŽุฃูŽู†ูŽู‘ ูˆูุฌููˆู‡ูŽู‡ูู…ู ุงู„ู’ู…ูŽุฌูŽุงู†ูู‘ ุงู„ู’ู…ูุทู’ุฑูŽู‚ูŽุฉู "
Telah menceritakan kepada kami Abun-Nuโ€™maan : Telah menceritakan kepada kami Jariir bin Haazim, ia berkata : Aku mendengar Al-Hasan berkata : Telah menceritakan kepada kami โ€˜Amru bin Tsaโ€™lab, ia berkata : Telah bersabda Nabi shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam : โ€œSesungguhnya termasuk tanda-tanda hari kiamat adalah kalian memerangi kaum yang mengenakan sandal yang terbuat dari bulu. Dan sesungguhnya termasuk di antara tanda-tanda hari kiamat adalah kalian memerangi satu kaum yang berwajah lebar, yang seakan-akan wajah mereka seperti perisai yang dilapisi kulitโ€ [Diriwayatkan oleh Al-Bukhaariy no. 2927].
7.     Sesekali โ€˜Nyekerโ€™.
ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ู ุจู’ู†ู ุนูŽู„ููŠูู‘ุŒ ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ูŠูŽุฒููŠุฏู ุจู’ู†ู ู‡ูŽุงุฑููˆู†ูŽุŒ ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ุงู„ู’ุฌูุฑูŽูŠู’ุฑููŠูู‘ุŒ ุนูŽู†ู’ ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุจู’ู†ู ุจูุฑูŽูŠู’ุฏูŽุฉูŽ ุฃูŽู†ูŽู‘ ุฑูŽุฌูู„ู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฑูŽุญูŽู„ูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ููŽุถูŽุงู„ูŽุฉูŽ ุจู’ู†ู ุนูุจูŽูŠู’ุฏู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุจูู…ูุตู’ุฑูŽุŒ ููŽู‚ูŽุฏูู…ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃูŽู…ูŽุง ุฅูู†ูู‘ูŠ ู„ูŽู…ู’ ุขุชููƒูŽ ุฒูŽุงุฆูุฑู‹ุง ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ูู‘ูŠ ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุฃูŽู†ูŽุง ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุญูŽุฏููŠุซู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฑูŽุฌูŽูˆู’ุชู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽูƒููˆู†ูŽ ุนูู†ู’ุฏูŽูƒูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู ุนูู„ู’ู…ูŒุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูˆูŽู…ูŽุง ู‡ููˆูŽุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูƒูŽุฐูŽุง ูˆูŽูƒูŽุฐูŽุงุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ููŽู…ูŽุง ู„ููŠ ุฃูŽุฑูŽุงูƒูŽ ุดูŽุนูุซู‹ุง ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฃูŽู…ููŠุฑู ุงู„ู’ุฃูŽุฑู’ุถูุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: " ุฅูู†ูŽู‘ ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽู†ู’ู‡ูŽุงู†ูŽุง ุนูŽู†ู’ ูƒูŽุซููŠุฑู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฅูุฑู’ููŽุงู‡ูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ููŽู…ูŽุง ู„ููŠ ู„ูŽุง ุฃูŽุฑูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุญูุฐูŽุงุกู‹ุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูŠูŽุฃู’ู…ูุฑูู†ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ู†ูŽุญู’ุชูŽูููŠูŽ ุฃูŽุญู’ูŠูŽุงู†ู‹ุง "
Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin โ€˜Aliy : Telah menceritkan kepada kami Yaziid bin Haaruun : Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Jurairiy, dari โ€˜Abdullah bin Buraidah : Bahwasannya ada seorang laki-laki dari kalangan shahabat Nabi shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam mengunjungi Fadlaalah bin โ€˜Ubaid di Mesir. Lalu ia tiba di tempatnya dan berkata : โ€œSesungguhnya aku tidaklah mendatangimu untuk berziarah. Akan tetapi aku dan kamu telah mendengar sebuah hadits dari Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam yang aku harap engkau mempunyai ilmu tentangnya (untuk menjelaskannya padaku)โ€. Fadlaalah bertanya : โ€œApa itu ?โ€. Orang itu berkata : โ€œBegini dan begituโ€. Ia meneruskan : โ€œMengapa aku melihatmu rambutmu kusut, padahal engkau salah seorang pemimpin di muka bumi ?โ€. Fadlaalah menjawab : โ€œSesungguhnya Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam melarang kita sering-sering menyisir rambutโ€. Orang itu kembali bertanya : โ€œMengapa aku tidak melihatmu mengenakan sepatu ?โ€. Fadlaalah menjawab : โ€œRasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam menyuruh kita agar sesekali untuk bertelanjang kakiโ€ [Diriwayatkan oleh Abu Daawud no. 4160; dishahihkan oleh Al-Albaaniy dalam Shahiih Sunan Abi Daawud 2/535 dan Al-Arnaโ€™uth dalam Tahqiiq & Takhriij Sunan Abi Daawud 6/237-238].
Diriwayatkan juga oleh Ahmad, Al-Baihaqiy dalam Syuโ€™abul-Iimaan no. 6102 & 6467 dan dalam Al-Aadaab no. , Ibnu Abi โ€˜Aashim dalam Al-Aahaad wal-Matsaaniy 5/350-351 no. 2929, Abu Nuโ€™aim dalam Maโ€™rifatush-Shahaabah no. 7281.
Perintah dalam hadits di atas adalah โ€˜sesekaliโ€™ (kadang-kadang), karena Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam tetap memerintahkan kita untuk lebih sering memakai alas kaki :
ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ููŠ ุณูŽู„ูŽู…ูŽุฉู ุจู’ู†ู ุดูŽุจููŠุจูุŒ ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ุงู„ู’ุญูŽุณูŽู†ู ุจู’ู†ู ุฃูŽุนู’ูŠูŽู†ูŽุŒ ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ูŽุง ู…ูŽุนู’ู‚ูู„ูŒุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุงู„ุฒูู‘ุจูŽูŠู’ุฑูุŒ ุนูŽู†ู’ ุฌูŽุงุจูุฑูุŒ ู‚ุงู„: ุณูŽู…ูุนู’ุชู ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูŽู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ู ูููŠ ุบูŽุฒู’ูˆูŽุฉู ุบูŽุฒูŽูˆู’ู†ูŽุงู‡ูŽุง: ุงุณู’ุชูŽูƒู’ุซูุฑููˆุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ูู‘ุนูŽุงู„ูุŒ ููŽุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ูŽ ู„ูŽุง ูŠูŽุฒูŽุงู„ู ุฑูŽุงูƒูุจู‹ุง ู…ูŽุง ุงู†ู’ุชูŽุนูŽู„ูŽ
Telah menceritakan kepadaku Salamah bin Syabiib : Telah menceritakan kepada kami Al-Hasan bin Aโ€™yan : Telah menceritakan kepada kami Maโ€™qil, dari Abuz-Zubair, dari Jaabir, ia berkata : Aku mendengar Nabi shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda dalam satu peperangan yang kami ikut di dalamnya : โ€œPerbanyaklah memakai sandal, karena seseorang senantiasa di atas kendaraannya jika ia memakai sandalโ€ [Diriwayatkan oleh Muslim no. 2096].
8.     Ketika Tali Sandal Berbicara.
ุฃูŽุฎู’ุจูŽุฑูŽู†ูŽุง ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏู ุจู’ู†ู ุฌูŽุนู’ููŽุฑู ุงู„ู’ู‚ูŽุทููŠุนููŠูู‘ุŒ ุซูŽู†ูŽุง ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุจู’ู†ู ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฏูŽ ุจู’ู†ู ุญูŽู†ู’ุจูŽู„ูุŒ ุญูŽุฏูŽู‘ุซูŽู†ููŠ ุฃูŽุจููŠุŒ ุซูŽู†ูŽุง ูˆูŽูƒููŠุนูŒุŒ ุซูŽู†ูŽุง ุงู„ู’ู‚ูŽุงุณูู…ู ุจู’ู†ู ุงู„ู’ููŽุถู’ู„ู ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽู‘ุงู†ููŠูู‘ุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ู†ูŽุถู’ุฑูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุนูŽุจู’ุฏููŠูู‘ุŒ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠ ุณูŽุนููŠุฏู ุงู„ู’ุฎูุฏู’ุฑููŠูู‘ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุขูŽู„ูู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ: " ูˆูŽุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ู†ูŽูู’ุณููŠ ุจููŠูŽุฏูู‡ูุŒ ู„ุง ุชูŽู‚ููˆู…ู ุงู„ุณูŽู‘ุงุนูŽุฉู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุชููƒูŽู„ูู‘ู…ูŽ ุงู„ุณูู‘ุจูŽุงุนู ุงู„ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ูŽุŒ ูˆูŽุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุชููƒูŽู„ูู‘ู…ูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ูŽ ุนูŽุฐู’ุจูŽุฉู ุณูŽูˆู’ุทูู‡ูุŒ ูˆูŽุดูุฑูŽุงูƒู ู†ูŽุนู’ู„ูู‡ูุŒ ูˆูŽุชูุฎู’ุจูุฑูู‡ู ุจูู…ูŽุง ุฃูŽุญู’ุฏูŽุซูŽ ุฃูŽู‡ู’ู„ูู‡ู ู…ูู†ู’ ุจูŽุนู’ุฏูู‡ู "
Telah mengkhabarkan kepafa kami Ahmad bin Jaโ€™far Al-Qathiiโ€™iy : Telah menceritakan kepada kami โ€˜Abdullah bin Ahmad bin Hanbal : Telah menceritakan kepadaku ayahku : Telah menceritakan kepada kami Wakiiโ€™ : Telah menceritakan kepada kami Al-Qaasim bin Al-Fadhl Al-Harraaniy, dari Abu Nadlrah Al-โ€˜Abdiy, dari Abu saโ€™iid Al-Khudriy radliyallaahu โ€˜anhu, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu โ€˜alaihi wa aalihi wa sallam : โ€œDemi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya. Tidak akan tegak hari kiamat hingga binatang-binatang buas berbicara kepada manusia; dan hingga ujung cambuk dan tali sandal berbicara pada seseorang untuk mengkhabarkan kepadanya apa yang diperbuat keluarganya setelah kepergiannyaโ€ [Diriwayatkan oleh Al-Haakim, 4/467-468; dan ia berkata : โ€œShahih sesuai persyaratan Muslim, namun ia tidak mengeluarkannyaโ€].
9.     Para Ulama yang Berprofesi Sebagai Tukang Sepatu (Al-Hadzdzaaโ€™).
Banyak ulama yang punya profesi sebagai tukang sepatu hingga dijuluki Al-Hadzdzaaโ€™. Di antaranya adalah :
a.    Khaalid bin Mihraan Al-Hadzdzaaโ€™. Ia seorang ulama, imam, haafidh, lagi tsiqah dari generasi taabiโ€™โ€™in. Wafat tahun 141 H. Riwayatnya dipakai oleh iman enam (Al-Bukhaariy, Muslim, Abu Daawud, At-Tirmidziy, An-Nasaaโ€™iy, dan Ibnu Maajah).
b.    Saโ€™iid bin Yahyaa bin Mahdiy, Abu Sufyaan Al-Humairiy Al-Hadzdzaaโ€™. Ia seorang ulama yang jujur dari generasi atbaaโ€™ut-taabiโ€™iin. Wafat tahun 202 H. Riwayatnya dipakai oleh Al-Bukhaariy dan At-Tirmidziy.
c.    Katsiir bin โ€˜Ubaid bin Numair, Abul-Hasan Al-Himshiy Al-Hadzdzaaโ€™. Ia seorang ulama yang dijadikan panutan lagi tsiqah. Ia dipercaya menjadi imam masjid negeri Himsh di jamannya. Wafat tahun 250 H. Riwayatnya dipakai oleh Abu Daawud, An-Nasaaโ€™iy, dan Ibnu Maajah.
d.    Dan lain-lain.
Oleh karena itu, kita tidak perlu malu atau kecil hati seandainya berprofesi sebagai tukang sepatu/sol sepatu atau bahkan lebih โ€˜rendahโ€™ daripada itu. Right ?.
10.   Alasan Sebagian Ulama Memasukkan Bahasan Mengusap Khuff dalam Kitab โ€˜Aqidah yang Mereka Tulis.
Ada beberapa ulama yang memasukkan permasalahan disyariโ€™atkannya mengusap dua khuff ketika bersuci dalam kitab-kitab โ€˜aqidah mereka. Misalnya : Al-Marwadziy dalam As-Sunnah, Abul-Hasan Al-Asyโ€™ariy dalam Al-Ibaanah โ€˜an Ushuulid-Diyaanah, Al-Barbahaariy dalam Syarhus-Sunnah, dan yang lainnya.
Mengapa ?. Di antara sebabnya adalah pengingkaran pensyariโ€™atan (kebolehan) mengusap dua khuff tersebut merupakan sebagian syiโ€™ar beberapa kelompok ahlul-bidaโ€™.[1] Al-Marwaziy rahimahullah berkata :
ู‚ุงู„ ุฃุจูˆ ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ูˆู‚ุฏ ุฃู†ูƒุฑ ุทูˆุงุฆู ู…ู† ุฃู‡ู„ ุงู„ุฃู‡ูˆุงุก ูˆุงู„ุจุฏุน ู…ู† ุงู„ุฎูˆุงุฑุฌ ูˆุงู„ุฑูˆุงูุถ ุงู„ู…ุณุญ ุนู„ู‰ ุงู„ุฎููŠู† ูˆุฒุนู…ูˆุง ุฃู† ุฐู„ูƒ ุฎู„ุงู ู„ูƒุชุงุจ ุงู„ู„ู‡ ูˆู…ู† ุฃู†ูƒุฑ ุฐู„ูƒ ู„ุฒู…ู‡ ุฅู†ูƒุงุฑ ุฌู…ูŠุน ู…ุง ุฐูƒุฑู†ุง ู…ู† ุงู„ุณู†ู† ูˆุบูŠุฑ ุฐู„ูƒ ู…ู…ุง ู„ู… ู†ุฐูƒุฑ ูˆุฐู„ูƒ ุฎุฑูˆุฌ ู…ู† ุฌู…ุงุนุฉ ุฃู‡ู„ ุงู„ุฅุณู„ุงู…
โ€œAbu โ€˜Abdillah (Ahmad bin Hanbal) berkata : โ€˜Beberapa kelompok ahlul-ahwaaโ€™ wal-bidaโ€™ (pengikut hawa nafsu dan kebidโ€™ahan) dari kalangan Khawaarij dan Raafidlah telah mengingkari pensyariโ€™atan mengusap dua khuff. Mereka menyangka bahwa hal itu bertentangan dengan Kitabullah. Dan siapa saja yang mengingkarinya, mengkonsekuensikan pengingkaran terhadap seluruh apa yang kami sebutkan atau yang tidak kami sebutkan dari sunnah (Nabi shallallaahu โ€˜alaihi wa sallam). Dan hal itu berarti keluar dari jamaโ€™ah Ahlul-Islaamโ€ [As-Sunnah].
Semoga yang sedikit ini ada manfaatnya.
Wallaahu aโ€™lam.
[abul-jauzaaโ€™ โ€“ 23012012 โ€“ sardonoharjo, ngaglik, sleman, yogyakarta].


[1]        Faedah ini pertama kali saya dengar dari guru saya tercinta, Al-Ustaadz Yaziid Jawas hafidhahullah. Semoga Allah taโ€™ala membalas beliau dengan kebaikan.

0 comments:

comments

Total Pageviews

154075

PR